Halaman

Sabtu, 05 Mei 2012

5 mei 2004

M. Kusuma, bocah laki-laki yang lebih akrab dipanggil Kakak Suma ini merupakan bungsu dirumah kami. Sekolah, bermain, mengaji adalah bagian dari aktifitasnya setiap hari. Kakak Suma tumbuh seperti anak-anak seusianya, tumbuh dengan bermain sepeda, bermain kelereng, bermain bola dan dulu waktu usianya 4-5 tahun dia juga sempat suka bermain boneka. Sifatnya juga tidak jauh berbeda dari kebanyakan anak-anak di kampung kami, sedikit badung namun masih tahap normal dan penuh pemakluman. Sebagai bungsu dan anak laki-laki tunggal di rumah kami, dia juga tumbuh sedikit manja tampa disadari.

Dia suka bertanya banyak hal. Bertanya nama gunung yang paling rendah, bertanya kenapa anak perempuan di kelasnya menangis setelah disuntik, bertanya mengapa ayuk Indah (putri ketiga di keluarga kami) marah seperti kesurupan setelah diganggu, bertanya banyak hal lain yang membuatku tertawa baru kemudian menjawab dengan berpikir sedikit lebih keras, takut jawabanku kemudian membentuk pola pikirnya yang salah.
Dia suka bernyanyi, berteriak-teriak dengan bebas di rumah kami. Akhir-akhir ini dia juga sering menyanyikan lagu setiap telpon malam yang kami lakukan. Menyanyikan lagu Ambar Ambar Pisang dan kemudian menanyakan bagai mana bentuknya bila api kesurupan. seperti ayuk Indah marah atau bagaimana, selorohnya asal sambil tertawa.

Dia malas sekali makan dan mandi. Dia akan memiliki banyak alasan saat umak mengambilkan nasi untuknya. Bilang sudah kenyang, nanti saja pulang main, nanti saja sebelum mengaji dan lain-lain. Dan urusan mandi juga tidak kala sulit, kadang dia hanya mandi dengan dua tiga gayung air kemudian mengaku sudah mandi dengan bersih.

Dia takut sekali dengan kecoa dan sejenisnya. Ah, semoga kelak kau tidak tumbuh menjadi pria penakut nan pengecut, sayang.

Masih banyak hal tentang kakak Suma yang selalu membuat tersenyum dan tertawa juga kesal dan amarah tapi sempurna bahagia.

Hari ini 5 mei 2012, bungsu kami genap 8 tahun. Ada banyak do'a baik yang membahana ke sang maha agar kemudian dia tumbuh seperti namanya M.Kusuma. Kusuma keluarga, kusuma agama, kusuma negara dan juga kusuma untuk dirinya sendiri.

Selamat ulang tahun sayang, semoga kau lekas tumbuh menjadi pria idaman wanita :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar